Tuesday 15 October 2013

cara praktis sea survival / bertahan hidup di laut (air)

sea survival / bertahan hidup di laut (air)

sering kali kita melupakan sesuatu hal yang penting namun dianggap sepele, padahal yang kita ketahui bahwa langkah - langkah berikut sangat berguna dan bermanfaat bagi siapa saja dan dimana saja. karena kita tidak tahu dan tidak menyangka bahwa musibah bisa menimpa siapa saja, meskipun kita tidak pernah dan tidak berharap sesuatu itu terjadi dan menimpa kita. namun apa salahnya bila kita sedikit tahu atau mempelajari langkah berikut agar kita bisa melewati masalah dan bisa mengatasi musibah sendiri meski kadang tim penolong akan datang namun itu semua membutuhkan proses dan waktu.sehingga dalam keadaan itu satu detik sangat menentukan demi keselamatan. 

disini penulis akan mengupas masalah sea survival atau dalam bahasa indonesianya bertahan hidup di air/ laut.
taukah pembaca bahwa tidak semua orang bisa berenang dan tidak semua yang bisa berenang mampu bertahan di air, karena berenang juga ada masa dan batasnya, kemampuan manusia akan sangat berpengaruh bila kondisi tidak labil seperti ketakutan, panik.

ini pengalaman penulis pada saat pendidikan komando. ternyata bahwa apa yang ada dalam diri kita/ yang kita pakai sehari - hari bisa menyelamatkan kita bila kita tau cara menggunakan dan cara memakainya.
memang benar, bila kita melakukan perjalanan laut, udara kita pasti selalu dibekali pelampung namun tidak menutup kemungkinan pelampung rusak, tidak kebagian pelampung karena terburu - 2 atau rebutan atau bahkan tidak dibekali pelampung.namun tidak usah khawatir penulis akan menjelaskan secara rinci bahwa itu semua bukan penghalang.intinya dalam keadaan apapun usahakan selalu tenang dan bisa menenangkan diri karena itu kunci utama agar kita bisa berfikir untuk penyelamatan diri.

anggap saja saat ini kita sedang terkena musibah kapal yang kita tumpangi karam,
1. usahakan tetap tenang.
2. cari apa saja yang mengapung untuk dijadikan pelampung karena sehebat apapun anda berenang pasti butuh istirahat.
3. untuk yang tidak bisa berenang buat kaki separti mengayuh sepeda bisa juga dengan buka tutup di bantu dengan tangan untuk menyeimbangkan tubuh dengan cara ini pembaca akan bisa mengapung sementara.
4. bila ternyata pelampung tidak ada lagi..........inilah yang terpenting,simak baik - baik.
    a. buat anda yang memakai celana panjang,
        1) lepas celana kemudian ikat pada kedua ujungnya.
        2) pegang lingkar pinggang dengan kedua tangan arahkan terbalik di atas air 
        3) masukan kedalam air seperti gambar berikut.
        4) akan ada rongga udara yang masuk dan membuat celana kita seperti balon, itulah yang kita gunakan 
            sebagai pelanmpung dalam keadaan mendesak.
        5) karena celana memiliki rongga udara disetiap rajutan benangnya maka balon udara tidak akan                       bertahan lama, pasti lama kelamaan udara akan habis karena pengaruh beban pada tubuh kita yang               memaksa celana untuk ikut tenggelam.ung - gelembung udara
            namun tidak usah khawatir itu bisa kita atasi.pukul pukul menggunakan telapak tangan pada area                  sekitar celana tadi sampai membuat gelembung - gelembung udara, usahakan gelembung itu masuk                kedalam celana tadi karena dengan begitu celana akan terisi udara lagi dan bisa digunakan untuk                     pelampung.
     b. buat anda yang memakai rok panjang atau kaos bisa dibuat sama

tidak berlaku untuk rok pendek, bila ternyata memakai rok pendek bisa gunakan kaos, namun jika kaos pun tidak ada, , , inilah ujian dari Tuhan bahwa pakain yang minim tidak akan bisa menyelamatkanmu dari segala musibah yang dibuat tuhan maka dari itu berfikirlah dari sekarang mau seksi atau panjang umur, silahkan pembaca cerna sendiri.

demikian untuk sementara yang bisa penulis berikan semoga bermanfaat, 








No comments:

Post a Comment